Mengenai Saya

Foto saya
Aku ingin seperti Padi, semakin ia berisi, semakin ia merunduk...

Minggu, 25 Desember 2011

Apa itu PTK?


PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A.    Latar belakang
Penelitian tindakan kelas (PTK)yang dalam bahasa aInggris ebih dikenal dengan nama Classroom Acion Reseach (CAR) mulai dikenal dikalangan pendidikan khususnya oleh ara guru sejak tahun 1999.
PTK telah menjadi bagian terpenting pada profesionalitas seorang guru karena mereka terbiasa menemukan berbagai masalah dalam pembelajaran yang dilakasanakan. Masalah-masalah yang dihadapi guru tersebut dikelompokkan sesuai sifat dan intensitasnya, kemudian dipecahkan atau didiskusikan secara bersama-sama (jika dilaksanakan oleh kelompok) untuk mencari pemecahannya melalui pertemuan mingguan.
B.     Definisi
Secara umum penelitian tindakan kelas adalah: penelitian tindakan yang dilakukan dikelas, atau penelitian tindakan yang menyangkut masalah-masalah kelas (interaksi siswa dan guru), atau penelitian tindakan yang menyangkut masalah pendidikan dan pembelajaran. Berikut ini merupakan beberapa definisi penelitian tindakan (Action Reseach) yang dikemukakan oleh beberapa ahli pendidikan :
1.       Elliot : suatu kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas praktik. Penelitian tindakan melibatkan proses tlaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan menjalin hubungan yang diperlukan antara evaluasi diri dan pengembangan profesional.
2.       Kemmis : bentuk penyelidikan berupa refleksi diri yang dilakukan oleh partisipan dalam situasi sosial dengan tujuan meningkatkan rasionalitas dan keadilan dalam praktik pendidikan, pemahaman terhadap praktik, dan situasi pelaksanaan praktik.
3.       Cohen dan manion : intervensi skala kecil terhadap tindakan dalam dunia nyata dan pemeriksaan secara cermat terhadap efek dari intervensi tindakan tersebut.
4.       Ebbut : suatu kajian yang sistematis atas usaha-usaha untuk meningkatkan praktik pendidikan oleh kelompok partisipan dengan alat tindakan praktis mereka dan reflksi mereka sendiri pada efek tindakan tersebut.
5.       Rapoport : untuk memeberi sumbangan pemecahan masalah praktis orang-orang dalam situasi problematik yang muncul dengan segera.
Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan adalah suatu penyelidikan/kajian secara sistematis dan terencana untuk memeperbaiki pembelajaran dengan jalan mengadakan perbaikan atau perubahan dan mempelajari akibat yang ditimbulkan.
C.     Tujuan
Tujuan PTK adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran  melalui teknik-teknik pengajaran yang tepat dan seuai dengan masalah serta tingkat perkembangan siswa. PTK juga dimaksudkan sebagai salah satu cara untuk memberdayakan guru dan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat keputusan yang tepat bagi siswa dan kelas yang diajarnya.
D.    Manfaat
Manfaat dari penelitian tindakan kelas atau Classroom Acion Reseach adalah sebagai berikut :
1.       menumbuhkan budaya meneliti pada guru agar terjadi inovasi pembelajaran.
2.      meningkatkan profesionalisme guru terutama kemampuan dalam menjabarkan kurikulum sesuai dengan tuntutan lokal, sekolah, dan kelas.
3.       meningkatkan mutu pengajaran dan hasil belajar siswa berdasarkan temuan langsung dari kelas guru sendiri.
4.       mengembangkan kerjasama atau kolaborasi antar guru di sekolah itu dan di sekolah lain dalam memecahkan masalah pengajaran dan pembelajaran.
5.       menumbuhkan kebiasaan guru melaksanakan pembelajaran yang berwawasan penelitian (learning throught research)
6.       membiasakan guru/pihak lain untuk memecahkan masalah dan merumuskan program pembelajaran berdasarkan temuan empiris yang konteksual.