Mengenai Saya

Foto saya
Aku ingin seperti Padi, semakin ia berisi, semakin ia merunduk...

Selasa, 27 Desember 2011

Definisi Kalam fersi Kitab Jurumiyah


بسم الله الرحمن الرحيم
الكلام هو اللفظ المركب المفيد بالوضع
Kalam adalah lafadz yg tersusun yg bisa berfaidah (dimengerti) dg disengaja atau dimaksudkan berbahasa Arab. Contoh : قامَ الرّجلُ  (Seorang laki-laki yg berdiri).
الكلمة هي قول مفرد (Kalimat adalah satu Kata)
اللفظ هو الصوت المشتمل على بعض حروف الهجائية
Lafadz adalah ucapan/suara yg terdiri atas huruf-huruf Hijaiyyah. Seperti : ضَرَبَ، المَسْجِدُ => lafadz-lafadz ini termasuk ucapan/suara yg terdiri dr huruf Hijaiyyah.
المركب ما تركب من كلمتين فأكثر
Murakkab adalah tersusunnya kalam itu dr 2 kalimat atau lebih. Seperti : قامَ زيدٌ زيدٌ قائمٌ => susunan yg 1 adalah fi’il dn fail, dan yg 2 dalah mubtada’ dan khobar.
المفيد ما افاد فائدة يحسن السكوت من المتكلم والسامع عليها
Mufid adalah sesuatu yg bisa dimengerti oleh si pembicara dan yg mendengarkan (yg diajak bicara) sehingga diamnya mereka menjadi bukti bahwa mereka faham (tidak menimbulkan pertanyaan/masalah baru).
بالوضع فسّره بعضهم بالقصد او بالوضع العربي
Sedangkan yg dimaksud dg بالوضع  : sebagian ulama menafsirinya dengan Al-Qoshdu yaitu sengaja melakukannya, dan sebagian ulama lain menafsirinya dg menggunakan bahasa arab dalam Kalam.
الإسم هو كلمة دلّت على معنى في نفسه ولم تقترن بزمن وضعاً كزيد وأنا وهذا
Isim adalah kalimat yg memiliki makna sendiri dan tidak mempunyai zaman (waktu) seperti زيد وأنا وهذا => kalimat2 ini mempunyai makna sendiri-sendiri dan tidak memiliki waktu terjadinya.
الفعل هو كلمة دلّت على معنى في نفسه واقترنت بزمن وضعاً
Fi’il adalah kalimat yg memiliki makna sendiri dan menunjukkan zaman (waktu) terjadinya, jika fi’il tersebut menunjukkan waktu lampau maka dinamakan فعل ماضى seperti قام artinya telah berdiri. Jika fi’il tersebut menunjukkn waktu sekarang (زمن الحال) atau waktu yg akan datang (زمن الإستقبال) makan dinamakan فعل مضارع seperti يقوم yg artinya sedang berdiri atau akan berdiri.
الحرف هو كلمة دلّت على معنى في غيرها نحو الى،هل،لم
Huruf adalah kalimat yg tidak bisa dimengerti maknanya kecuali bersamaan dengan kalimat lain, seperti الى،هل،لم yg mana sulit untuk dimengerti maknanya ketika berdiri sendiri tapi jika bersama dengan kalimat lain maka huruf tersebut akan memberikan makna yg bisa dimengert. => الى المسجد (ke Masjid). هل انت تلميذ؟ (Apakah kamu murid?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar